ESC Academy

Berbicara Bahasa Inggris dengan Percaya Diri Saat Interview Kerja: Tips dan Contohnya

ESC ACADEMY – Saat menjalani wawancara kerja, kemampuan untuk memperkenalkan diri dengan baik sangatlah penting agar memberikan kesan positif kepada pihak instansi yang sedang mencari calon pekerja. Wawancara kerja sering kali mengharuskan kita untuk berbicara dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Artikel ini akan memberikanmu tips dan contoh-contoh untuk mempersiapkan diri dalam memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris saat wawancara kerja.

Tips Sukses dalam Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris Saat Interview

1. Tetenangkan Pikiran dan Hati

Setiap kali berbicara di depan orang lain, termasuk saat wawancara kerja, penting untuk menjaga ketenangan pikiran dan hati. Kunci utamanya adalah rasa tenang. Ingatlah bahwa wawancara ini hanya mengharuskanmu memperkenalkan diri, seperti yang pernah kamu lakukan ketika dulu berdiri di depan kelas.

2. Kenali Alur Perkenalan

Memahami alur perkenalan yang sistematis adalah langkah penting agar pewawancara bisa mengerti dengan jelas apa yang kamu sampaikan. Perkenalanmu sebaiknya memiliki alur yang runtut dan mudah diikuti.

3. Latihan Secara Konsisten

Latihan membuat segalanya lebih baik. Sebelum wawancara, luangkan waktu untuk berlatih memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris. Kamu bisa berlatih di depan cermin atau merekam dirimu sendiri. Latihan ini membantu kamu memperbaiki kekurangan dan meningkatkan percaya diri.

4. Kuasai Istilah dan Pengucapan

Tidak perlu menjadi mahir dalam bahasa Inggris, tetapi memahami istilah dan pengucapan yang benar adalah kunci untuk meningkatkan kepercayaan diri. Pastikan kamu tahu kosakata yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar dan bisa mengucapkannya dengan baik.

5. Jadilah Autentik

Tetaplah menjadi dirimu sendiri. Meskipun kamu bisa mendapatkan inspirasi dari orang lain, tetaplah memahami nilai-nilai unik yang kamu miliki. Kemampuanmu untuk tetap autentik akan membuatmu lebih menarik dan memikat di mata pewawancara.

Contoh-contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris

Contoh 1

Good morning. My name is Febri Dwi Cahya Gumilar. You can call me Febri. I am 22 years old. I completed my Bachelor of Civil Engineering from Indonesia Islam University. During my time there, I served as an assistant lecturer in my department for 2 years and was the chief of the Student Executive Board for a year.

Contoh 2

My name is Haris. I am 24 years old. I hold a degree in International Relations from the University of Indonesia. I am applying for the assistant manager position. My strong communication and management skills make me a suitable candidate. Additionally, I am fluent in English, Japanese, and French, which can support me in this role.

Contoh 3

I’m Raka, 26 years old. I’m applying for the secretary position. I have 2 years of experience as a secretary. I am proficient in English, German, and Korean. My previous job required me to relocate, leading to my decision to leave. I am also skilled in Microsoft Word and Adobe Photoshop.

Contoh 4

My name is Joko Tingkir, 25 years old. I have a degree in Information Engineering. I’m aiming to work as a Process Engineer in a reputable company. I’ve been interested in this field since high school, and I am excited to contribute my skills.

Memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris saat interview kerja tidaklah sulit jika kamu memiliki persiapan yang baik. Dengan mengikuti tips-tips di atas dan mengamati contoh-contoh perkenalan diri, kamu dapat menjadi lebih percaya diri dan berbicara dengan lancar dalam situasi wawancara. Ingatlah bahwa setiap usaha yang kamu lakukan untuk mempersiapkan diri akan berdampak positif dalam perjalananmu mencari pekerjaan yang diinginkan.

Scroll to Top